pa praya 3

SIDAK Tim Asessor Surveillance Pertama APM Badilag Ke PA Praya

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 43

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 43

Praya | pa-praya.go.id

Pada pagi itu Selasa 25 Juni 2019, Tim Asessor Surveillance Pertama Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Badan Peradilan Agama (Badilag) melakukan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke Pengadilan Agama Praya. Dengan menyamar sebagai Advokat dan Pihak yang ingin berperkara, Tim Asessor menyusuri setiap sudut kantor melihat kondisi dan pelayanan di Pengadilan Agama Praya, lama-kelamaan aksi Tim Asesor ketahuan juga dan akhirnya mereka pun memperkenalkan diri.

 

Wakil Ketua dan Pejabat PA Praya Menyambut Tim Asesor Badilag

Tim Asessor yang dipimpin oleh Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. (Lead Asessor) bersama Para Pendamping Asessor Adnan Qori Widanu, S.E. dan Aminuddin Bukhary Harahap, S.Kom. langsung disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Praya Baiq Halkiyah, S.Ag., M.H. dan Pejabat Fungsional maupun Struktural Pengadilan Agama Praya, yang kemudian dilanjutkan dengan acara Opening Meeting Asesmen Surveillance APM di ruang sidang utama Pengadilan Agama Praya.

Dalam acara opening meeting tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Praya menyampaikan sambutannya dan berterima kasih kepada Tim Asessor dari Badilag yang telah berkunjung ke Pengadilan Agama Praya guna melakukan Asesmen Surveillance APM yang tentunya Pengadilan Agama Praya sangat memerlukan penilaian terhadap kesesuaian dengan standar APM untuk memaksimalkan pelayanan terhadap para pencari keadilan di Pengadilan Agama Praya. 

Wakil Ketua PA Praya Membuka Opening Meeting Asesmen Surveillance APM

Kemudian dalam sambutannya oleh Lead Asessor menyampaikan beberapa hal, salah satunya ialah bahwa pelaksanaan Surveillance APM tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan sistem Sidak, yang mana Tim Asessor akan menyamar sebagai Pengacara atau para Pihak Berpekara. Hal ini dilakukan karena Tim Asessor ingin merasakan aura pelayanan yang sesungguhnya di Pengadilan Agama, khususnya di Pengadilan Agama Praya.

Kesan pertama saat masuk ke Pengadilan Agama Praya cukup membuat puas para Asessor karena mereka disambut dengan 3S (Senyum, Sapa, Salam) mulai dari security hingga Aparat Pengadilan Agama Praya lainnya. Lead Asessor juga mengharapkan agar Asessor tingkat Banding juga melakukan hal yang sama dengan melakukan Surveillance APM dengan sistem Sidak, sehingga betul-betul tahu begaimana implementasi APM pada pelayanan di Pengadilan Agama.

Penilaian Tim Asessor meliputi Implementasi 50% dan Dokumen 50%, serta melakukan observasi keadaan Pengadilan dengan bentuk foto untuk penilaian yang objektif. Tim Asessor juga melakukan wawancara kepada Pimpinan dan pihak terkait perihal implementasi APM. Proses yang dilaksanakan oleh Tim Asessor berjalan dengan sangat detil dan komprehensif cukup membuat para pejabat struktural dan staf di tiap bagian berjuang dengan cukup keras untuk memenuhi permintaan dari Tim Asessor dan memberikan hasil yang maksimal.

Penyerahan Kontrak Kinerja Hasil Surveillance oleh Lead Asessor

Setelah memperoleh rangkuman hasil Surveillance, Lead Asessor melakukan ekspose pada Closing Meeting pada hari Rabu, 26 Juni 2019. Beliau menyampaikan beberapa hal, salah satunya yang sangat penting ialah komitmen Pimpinan  dan seluruh Aparat Pengadilan Agama Praya harus terus menerus, bukan hanya saat Surveillance saja. Beliau juga menyampaikan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki dan dilengkapi. Beliau menyampaikan bahwa banyak yang dicapai oleh Pengadilan Agama Praya dalam mewujudkan APM ini, beliau juga berpesan bahwasannya APM ini adalah salah satu upaya dari memaksimalkan pelayanan terhadap para pencari keadilan di Pengadilan Agama Praya.

Foto Bersama Tim Asessor Surveillance APM Badilag

Acara closing meeting ditutup dengan penyerahan dan penandatangan hasil Kontrak Kinerja yang berisi temuan-temuan yang harus diperbaiki dan diselesaikan dalam kurun waktu 1 bulan. Tim APM dan seluruh Aparat Pengadilan Agama Praya akan berjuang lebih keras lagi untuk memenuhi Kontrak Kinerja tersebut untuk mendapatkan APM dengan predikan A excelent. Setelah selesai closing meeting, pimpinan beserta seluruh Aparat Pengadilan Agama Praya berfoto bersama dengan Tim Asessor Surveillance APM Badilag MA RI. (IT PA Praya)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Praya

Jl. Jend. A. Yani No. 3 Praya, Lombok Tengah - NTB 83511

Telp/Fax: 0370-6158515

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Delegasi/Tabayun : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Info Perkara PA

SIPP PA Mataram

SIPP PA Girimenang

SIPP PA Selong

 

Copyright © 2019. Pengadilan Agama Praya