Artikel Lepas
PA PRAYA GELAR SIDANG ITSBAT NIKAH TERPADU KE DUA KALINYA DI TAHUN 2016 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 11 March 2016 08:41

Praya | pa-praya.go.id

Kamis, 10 Maret 2016 bertepatan dengan tanggal 30 Rabiul Awal 1437 H, berlangsung kegiatan sidang Itsbat Nikah yang ke duakalinya dilakukan oleh PA Praya, Sidang kali ini dilakukan di Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Sebelum dilakukan acara sidang itsbat nikah dilakukan acara pembukan oleh Bapak Kepala Desa Barabali (Bapak Augus) dan di hadiri oleh KPA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH), Dandim 1620 lombok tengah (Letkol Inf. Arie Tri Hedhianto), Kader PEKKA, KPI, beserta pasangan suami istri yang akan di itsbatkan. Bapak Kepala Desa memaparkan tentang kondisi masayarakat desa Barabali saat ini. Hampir 1000 lebih pasangan suami istri yang belum mempunyai Buku Nikah dengn demikian kepala desa Barabali berterimakasih kepada Pengadilan Agama Praya, Kemenag, Dukcapil, LSM PEKKA, KPI yang telah banyak membantu untuk mensukseskan sidang itsbat nikah kali ini. Meskipun baru 115 pasutri yang diusulkan untuk di Itsbatkan itu semua sudah membantu warga Desa Barabali untuk mendapatkan buku nikah atau akta kelahiran anak.

(Sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Praya)

Dalam sambutan KPA Praya menyampaikan terimakasih atas terselengaranya Sidang Itsbat Nikah Di Desa Barabali ini sebab tampa ada kerja sama Sidang Itsbat Nikah ini tidak bisa berjalan. Di tahun 2015 PA Praya melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu (Yandu) sebanyak 16 kali dan di tahun 2016 PA Praya melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu yang ke dua kalinya di di desa Barabali dan insyaallah yang ke tiga akan diadakan di desa Mangkung dan yang ke empat di desa Seleng belanak kabupaten Lombok Tengah.

(Suasana Sidang Itsbat dan Pendaftaran Sidang Itsbat Di Desa Barabali)

KPA Praya juga memaparkan perbedaan Itsbat Nikah Terpadu (Yandu) dan  Itsbat Nikah Reguler, Itsbat Nikah Reguler merupakan itsbat nikah yang dilaksanakan di kantor Pengadilan Agama, biayanya lebih besar, pemanggilan dilakukan dua kali diantaranya pemohon I dan Pemohon II, sedangkan Itsbat Nikah Terpadu dilakukan di luar Pengadilan Agama, Biaya dari Mahkamah Agung RI melalui DIPA Pengadilan Agama Praya/PEMDA/LSM/ADD. Dan juga dalam Yandu akan mendapatkan Buku nikah secara langsung.

Dalam sambutan terahir KPA Praya Sidang Itsbat Nikah Terpadu di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dinyatakan dibuka dengan ucapan “bismillahirrahmanirrahim”

Semoga Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Barabali. Amin (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Monday, 30 May 2016 05:49
 
MONITORING BIMTEK PEMBERKASAN PERKARA KASASI DAN PK DI PA PRAYA PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 03 March 2016 05:58

Praya | pa-praya.go.id

Selasa, 1 Maret 2016, PA Praya kedatangan tamu dari Badilag dalam rangka kegiatan monitoring Bimbingan Teknis Pemberkasan perkara kasasi dan PK (Peninjauan Kelmbali) dan sosialisai SEMA No.1 Tahun 2014. Dalam kedatangan Tim monitoring dari Badilang di sambut baik oleh Ketua PA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH), Bapak Sekretaris (Usman, S.Ag), Bapak Panitera (Drs. H. Napsiah)

(Foto Bareng dari kiri Drs. H. Napsih, Drs. H. Taufiqurrohman, SH, Hj. Aisyah HR, SH. MM, Anna Tresnasari, SH, M. Yusuf, Usman, S.Ag)

3 Orang tim dari Badilang (Hj. Aisyah HR, SH. MM, Anna Tresnasari, SH, M. Yusuf)  langsung memberikan bimbingan kepada Panmud Hukum PA Praya (Denda Farmawati, SH) mengenai tentang pemberkasan Kasasi, PK (Peninjauan Kembali) supaya dalam pemberkasan tidak terjadi kekeliruan maupun ketidak lengkapan data yang akan di ajukan untuk Kasasi maupun PK. (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Monday, 16 May 2016 03:19
 
SIDANG ITSBAT NIKAH TERPADU DI DESA MANGKUNG KEC PRAYA BARAT KAB LOMBOK TENGAH PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 26 February 2016 07:04

Praya | pa-praya.go.id

Kamis, 25 Februari 2016M bertepatan dengan tanggal 16 Jumadil Awal 1437 H berlangsung kegiatan sidang itsbat nikah terpadu sebanyak 342 Perkara di Kantor Desa Mangkung Kecamatan Praya Barat. Tetap jam 08.30 dilakukan pembukan acara oleh Kepala Desa Mangkung dan di hadiri oleh  KPA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH.), Panitera PTA Mataram (Drs. Muhammad Yamin, MH.), hakim tinggi PTA Mataram (Drs. Subuki, MH., dan Drs. H. Mustanjid Aziz, S.H., M.H.), KUA Kecamatan Praya Barat, Ketua DPRD Lombok Tengah (H.A.Fuaddi,FT,SE), serta pasangan suami istri yang akan di itsbatkan.

KPA Praya Memberikan pengarahan ke warga Desa Mangkung

Dengan semangat dan atusias warga Desa Mangkung berbondong-bondong memadati Kantor Desa Mangkung untuk mensukseskan sidang itsbat terpadu ini dengan lancar, sebelum acara sidang dimulai di buka dengan sambutan kepala desa mangkung, Bapak Kepala Desa mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas kerja sama atara Pengadilan Agama Praya, Kemenag (KUA Praya Barat Daya), Dukcapil Kabupaten Lombok Tengah atas terselenggaranya sidang itsbat. Dengan demikian warga yang belum mempunyai buku nika atau akta kelahiran anak akan cepat bisa memilikinya. Sebab manfaat dan keuntungan mempunyai buku nikah ini sangan penting, diantaranya bisa mengurus akta kelahiran anak, mengurus paspord, sebagai administrasi bila ingin naik haji dan banyak lagi manfaatnya.

 

Susana Sidang Itsbat Nikah di Desa Mangkung

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Bapak Ketua Pengadilan Agama Praya (Drs. H. Tufiqurrohman, SH.) beliu menyampaikan 3 (tiga ) hal diantaranya:

  1. Sidang itsbat kali ini berupakan sidang itsbat nikah yang kesekian kalinya dilakukan oleh Pengadilan Agama Praya. Insyaallah di tahun 2016 ini akan ada bantuan 10.000 pasangan sumai istri yang di itsbatkan dari pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah.
  2. Dalam sidang itsbat bukan hanya dilakukan di kantor PA Praya akan tetapi cukup dengan sidang di kantor desa bisa dilakukan dan sidang itsbat nikah di Kantor Desa Mangkung dilakukan secara terpadu.
  3. Yang akan di sidang itsbatkan adalah pasangan suami  istri yaitu istri yang pertama dan suami yang pertama.

KPA praya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada kader LSM PEKKA yang banyak membantu terselengaranya Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini.

Sidang Itsbat Nikah Terpadu di Desa Mangkung ini di danai oleh DIPA Pengadilan Agama Praya tahun angggaran 2016 yang terdiri dari 342 Perkara dengan 7 ketua majelis / Hakim Tunggal, masing ketua majelis mendapat rata-rata 49 perkara, masing-masing majelis dibatu oleh 2 orang Panitera Pengganti dan masing masing panitera dibatu oleh 1 orang jurusita/ jurusita pengganti.

Adapun susunan ketua majelis / Hakim tunggal :

  1. Hakim Tunggal A (Drs. H. Taufiqurrohman, SH)
  2. Hakim Tunggal B (Drs. H. Ahmad Harun, SH)
  3. Hakim Tunggal C1 (Yusup, SH)
  4. Hakim Tunggal C2 (Drs. Zainul Fatawi, SH)
  5. Hakim Tunggal C3 (Hj. Muniroh, S.Ag. SH.)
  6. Hakim Tunggal C4 (M. Ali Muchdor, S.Ag. MH.)
  7. Hakim Tunggal C5 (Sayafruddin, S.Ag. M.SI)

Semoga sidang itsbat nikah terpadu Di Desa Mangkung  ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. amin (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Monday, 16 May 2016 03:20
 
KPA PRAYA DAN SEMUA KARYAWAN PA PRAYA MENGHADIRI APEL SIAGA LOMBOK TENGAH BERSATU PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 26 February 2016 06:53

Praya | pa-praya.go.id

(KPA Praya beserta Bapak Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Loteng, dan Ketua Kejari Praya)

Rabu, 24 Februari 2016 dalam ragka memperkokoh silaturrohim, rekonsiliasi, konsolidasi persatuan dan kesatuan menuju lombok tengah bersatu. Tepat jam 08.30 Apel dimulai dan di pimpin oleh Bapak Bupati Lombok Tengah

(Bapak H.M. Suhaili FT) didampingi oleh Wakil Bupati Lombok Tengah (Pathul Bahri),Ketua DPRD Lombok Tengah(H.A.Fuaddi,FT,SE), KPA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH.), Ketua Kejari (Feri Mupahir, SH., MH.), perwakilan dari PN Praya serta dihadiri oleh semua pegawai se-kabupaten lombok tengah dan termasuk karyawan karyawati PA Praya.

Pegawai PA Praya Menghadiri Apel Siaga Lombok Tengah

Dalam sambutan bapak bupati menjelaskan 10 rangkaian kerja ke depan yang akan di lakukan selama menjabat. Dan beliau menghimbau kepada semua pegawai yang ada di kabupaten lombok tengah baik yang daerah maupun lintas pemerintah supaya melakukan pelayanan yang terbaik untuk memajukan Lombok tengah yang bersatu.(Tim IT PA Praya)

Last Updated on Monday, 16 May 2016 03:29
 
KPA Praya Mengikuti Jalannya Eksekusi Harta Bersama Di Desa Puyung Kec. Jonggat Kab. Loteng PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 19 February 2016 08:40

Praya | PA-Praya.go.id

Kamis, 18 Februari 2016, meski cuaca begitu panas tim dari eksekusi PA Praya bersemangat untuk menjalankan tugas untuk melakukan eksekusi HB (Harta Bersama), tepat jam 11.00 WITA tim eksekusi PA Praya tiba di Kantor desa Puyung Kecamatan Jonggat. KPA Praya pun ikut menyaksikan dan meberikan pengarahan kepada pihak penggugat untuk mematuhi putusan yang sudah diputuskan.

(suasana saat membacakan putusan)

Sebelum acara eksekusi dilakukan musyawarah di Kentor Balai Desa Puyung Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah dengan dihadiri oleh KPA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH), didampingi oleh Kabag. Ops (AKP Ketut Tamiana), Kapolsek Jonggat (IPDA KM Ronoka), Kepala Desa Puyung (Lalu Edith Rahardian) sert di hadiri oleh pihak pemohon dan termohon.Demi menjaga keadaan tetap tenang Kabag. Ops menurunkan dua peleton polisi yang berjaga-jaga di sekitar area eksekusi.

 

(KPA Praya melakukan pertemuan antara pihak di balai Desa)

Perkara Nomor 0531/Pdt.G/2014/PA.Pra.  sebenarnya sudah putus dan dikeluarkan dengan kesepakatan damai akan tetapi dari pihak termohon eksekusi belum bisa menerima hasil perdamaian tersebut. Dengan demikian keadaan di dalam ruang Balai Desa Puyung sempat terjadi ketegangan dikarenakan pihak termohon eksekusi belum bisa menerima, akan tetapi setelah diberikan pengarahan oleh Bapak KPA Praya pihak termohon eksekusi mau menerima perdamaian tersebut.

(KPA Praya berada di lokasi Eksekusi)

Setelah kesepakatan antara para pihak pemohon tereksekusi dan termohon eksekusi menerima putusan maka dilanjutkan dengan pembacaan putusan eksekusi di area eksekusi,  putusan eksekusi dibacakan oleh eksekutor (RINATA) dengan di bantu oleh dua orang saksi (Hirjan, SH dan Taufik, SH) pembacan putusan pun berjalan dengan lancar tanpa ada perlawanan dari pihak termohon eksekusi. (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Monday, 30 May 2016 05:50
 
« StartPrev12345678NextEnd »

Page 6 of 8