Artikel Lepas
KPA Praya mengikutu Yudisium Magister Hukum Di Universitas Mataram PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 08 August 2016 03:52

Praya | pa-praya.go.id

Kamis, 04 Agustus 2016 berlangsung kegiatan yudisum mahasiswa program studi Magister Ilmu Hukum yang berlangsung di Fakultas Hukum Universitas Mataram, dalam acara yudisium kali ini KPA Praya (Drs. H. Taufiqurrohman, SH. MH) turut sebagai peserta yudisium Magister Ilmu Hukum, dalam acara yudisum kali ini di pimpin langsung oleh Prof. Dr. Lalu Husni,SH.,M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Unram, Dr. H. Zainal Asikin, SH., SU. Selaku Ketua Prodi dan dibuka secara resmi oleh Prof. Ir. Sunarpi, P.hD selaku Rektor Universitas Mataram.

Dalam acara yudisium KPA Praya diberi kesempatan untuk tampil mewakili teman-teman mahasiswa yang lain untuk menyampaikan pesan dan kesan sebagai mahasiswa Universitas Mataram Program Studi Magister Ilmu Hukum:

Dalam sambutan KPA Praya memaparkan tentang 3 (tiga) kontribusi kepada almamater:

  1. Tanamkan rasa cinta dan bangga kepada almamater sehingga kita ingin membuatnya layak dicintai dan dibanggakan.
  2. Keinginan kuat untuk membuat alamamater kita lebih dan lebih baik.
  3. Amalkan dan kembangkan Ilmu yang didapatkan dalam kehidupan bermasyarakat

Acara ditutup dengan do’a.(Tim IT PA Praya)

Last Updated on Tuesday, 27 September 2016 02:03
 
PA Praya Gelar Sidang di Luar Gedung Pengadilan Agama ke 5 ditahun 2016 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 22 July 2016 06:22

Praya | pa-praya.go.id

(Sambutan KPA Praya)

Setelah bebarapa kali PA Praya mengadakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu, kali ini dilaksanakan di Kantor Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah (21/7/2016) sidang Itsbat Nikah Terpadu ini sumber dana dari biaya sendiri dari masyarakat desa Aik Berik sebanyak 111 (seratus sebelas) pasangan suami istri.

(KPA Praya sedang melakukan sidang Itsbat Nikah terpadu)

Sudah menjadi agenda tahunan PA Praya melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu, setelah anggaran DIPA sudah habis dilanjutkan sidang itsbat nikah terpadu secara mandiri termasuk juga Sidang Itsabt Nikah Terpadu kali ini sumberdana dari masyarakat Desa Aik Berik dengan 5 (lima) hakim tunggal, dibantu oleh 10 (sepuluh) Panitera pengganti dam lima jurusita pengganti.  Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pelaksanaan sidang di luar gedung Pengadilan ini adalah untuk melayani masyarakat pencari keadilan yang berada jauh dari kantor pengadilan.

(suasana sidang dan pembukaan Sidang Itsbat Nikah Terpadu Di Desa Aik Berik)

Sebelum acara dimulai dilakukan pembukaan acara, selakuk pembawa acara Bapak Hannan, BA panitera pengganti Pengadilan agama, selanjutnya dilakukan sambutan atas nama tuan rumah oleh Kepala Desa Aik Berik (Muslehudin, S.Pdi., M.S.I).

(Suasana sidang Itsabat Nikah Terpadu)

Sambutan kepala desa Aik Berik

Setelah melakukan pendaftaran sidang itsabat nikah terpadu kali ini diterima oleh Ketua pengadilan Agama Praya untuk melaksanakan Sidang Itsabta Terpadu, bapak KADES mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas telah diterimanya usulan untuk di itsbatkan warga desa Aik Berik Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah dan juga rasa terima kasih kepada Ketua pengadilan Agama Praya beserta semua rombongan Sidang Itsbat Nikah, dan tidak lupa pula kepada semua masyarakat yang akan peduli dengan buku nikah maupun akta kelahiran anak.

Dengan diadakan Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan wujut nyata untuk memiliki buku nikah supaya kedepannya semua warga Desa Aik Berik memiliki buku nikah maupun akata kelahiran anak, sebab buku nikah ini mempunyai banyak sekali fungsi diantaranya sebagai syarat untuk pembuatan akta kelahiran anak, pungkasnya.

Sambutan KPA Praya

Dalam sambutan beliau sekaligus membuka acara sidang itsbat nikah terpadu, memaparkan tiga hal Kepastian Hukum yang didapatkan setelah diitsbat nikahkan dan juga Itsabat Nikah Terpadu ini merupakan gabungan dari tiga insatansi (Pengadilan Agama Praya, Departemen Agama Kab. Lombok Tengah dan DUKCAPIL Kab. Lombok Tengah), kesemuanya bertujuan untuk  menerbitkan Buku Nikah Maupun Akata Nikah.

Adapun tiga Kepastian hukum itu diantaranya:

1. Kepastian Hukum atas Perkawinan

Dari semua pasutri yang akan diitsbatkan memang pernikahannya sudah diakui menurut agama islam akan tetapi belum mempunyai buku nikah maka perlu diterbitkan buku nikah dengan demikian diadakanlah sidang itsabat nikah.

2. Kepastian Hukum Anak

Setelah mempunyai buku nikah dan mempunyai anak maka anak tersebut harus mempunyai akta kelahiran anak dengan bukti Buku Nikah.

3. Kepastian Hukum Harta Benda

Apabila sudah menikah selanjutnya mempunyai buku nikah, mempunyai anak serta mempunyai harta benda itu semu menjadi harta bersama dari pasangan suami istri.

Acara di tutup dengan do’a.

Semoga dalam sidang itsbat nikah kali ini bisa mermanfaat bagi semua masyarakat khususnya masyarakat desa Aik Berik, Amin (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Tuesday, 27 September 2016 02:13
 
PA Praya Gelar Rapat Koordinasi Terkait Pelayanan Prima PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 July 2016 08:14

Praya | pa-praya.go.id (18/7/2016)

Setelah liburan panjang berakhir selanjutnya kembali beraktifitas seperti biasanya, begitu juga dengan kegiatan rutin PA Praya mulai dari Setiap Hari Senin melakukan Apel, dilanjutkan dengan pembacaan yasinan bersama dan dilanjutkan dengan Rapat koordinasi di ruang Sidang Utama PA Praya yang dipimpin langsung oleh Ketua Pa Praya Drs. H. Taufiqurrohman, SH., MH. dan didampingi oleh Wakil Ketua PA Praya Drs. H. Ahmad Harun, SH serta dihadiri oleh seluruh pegawai PA Praya.

Dalam rakor kali ini KPA Praya memaparkan tentang bebarapa hal diantaranya:

  1. Lembaga Peradilan Agama merupakah di bawah naungan Mahkamah Agung atau Lembaga Agung yang moderen.
  2. Mewujutkan Pelayanan Pengadilan Agama Praya yang Prima mulai dari penerimaan perkara sampai dengan selesai.
  3. Mewujudkan Tata kelola Pengadilan agama Praya yang akuntable.
  4. Pengembangan Kompetensi Peradilan Agama yang harus menjadi Ekonomi Syariah.
  5. Dan yang terakhir persiapan sidang keliling terpadu di Kecamatan Batukliang Utara dengan jumlah perkara 111 seratus sebelas perkara dengan lima hakim tunggal.

Semoga apa yang menjadi rapat Kordinasi kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Wednesday, 26 October 2016 01:07
 
KPA Praya Menghadiri Acara Tabligh Akbar di Alul Alun Tatstura Kab. Lombok Tengah PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 14 July 2016 01:50

Praya | pa-praya.go.id (13/7) 7 Syawal 1437 H

Dalam mempererat dan memperkokoh silaturahim atau ukhuwah menuju lombok tengah bersatu. Pemerintah kabupaten lombok tengah melakukan kegiatan Sekali dalam setahun dalam acara Tabligh Akbar dan Silaturahim atau halal bi-halal yang dilakukan dan dirangkai dengan perayaan lebaran ketupat, KPA Praya Drs. H. Taufiqurrohman, SH., MH. Menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut Dan di hadiri juga oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. , Kepala Dukcapil Lombok tengah H. Darwis, MM, Tuan Guru Muhammad Turmuzi Badruddin, Wakil Bupati Lombok Tengah L. PATHUL BAHRI, S.IP, Sekda Lombok Tengah Drs. H.LALU SUPARDAN, M.M, Ketua DPRD Lombok Tengah M.PUADDI, S.E, Ketua dan semua FORKOPINDA Lombok tengah, dan tidak lupa juga para Tuanv Guru yang ada di kabupaten Lombok Tengah. Bapak Bupati Lombok Tengah beserta seluruh SKPD dan seluruh warga lapisan masyarakat menghadiri acara tersebut. Dalam acara Tabligh Akbar dan Silaturahim atau halal bi-halal kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Lombok Tengah beserta Semua SKPD, dan tidak lupa juga semua Pegawai PA Praya juga menghadiri acara tersebut.

(suasana di atas panggung bejingah KPA Praya beserta Bapak Bupati dan KH. Said Aqil Siradj dan semua Forkopinda)

Acara dipusatkan di alun-alun Tastura Kota Praya sebelum acara dimulai dilakukan pelantikan pengurusan PBNU(Nahdatul Ulama) kabupaten Lombok Tengah dan dilanjutkan dengan sambutan Bapak Bupati Lombok Tengah H.MOH.SUHAILI FT,SH.MM selaku tuan rumah.

Dalam sambutan beliau memaparkan ucapan terimakasih kepada semua tamu undangan yang menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut.

Selanjutnya sambutan kepada Bapak Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. dalam kesempatan kali ini beliau memaparkan tentang keutamaan dalam Halal bihalal atau lebih dikenal dengan silaturahim, manusia mempunyai makna harmoni dan ada amanh yang sangat melekat pada diri manusia. Amanah insani merupakan amanah yang saling mengisi saling menasehati, Allah memberikan kepercayaan kepada manusia untuk menjalankan amanah tersebut. Amanah insani merupakan amanah dari sifat manusia yang sering salah dengan demikian dianjurkan untuk saling maaf-memaafkan / halal-bihalal atau lebih dikenal dengan silaturahim, pungkas beliau. (Tim IT PA Praya)

Last Updated on Wednesday, 26 October 2016 01:07
 
PA Praya Gelar Halal Bihalal PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 12 July 2016 06:13

PA Praya | pa-praya.go.id (12/7) 6 Syawal 1437 H

Setelah se-bulan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan telah usai disambut dengan bulan syawal yang penuh dengan kebarokah dan magfitah saatnya untuk saling maaf memanfaatkan antara sesama umat muslim. Kegiatan halal bihalal bertempat di Ruang sidang utama Pengadilan Agama Praya yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Taufiqurrohman, SH., MH. Dan didampingi oleh Penitera Drs. H. Napsiah, Sekeretaris Usman, S.Ag, Perwakilan Hakim H. Samad Harianto, S.Ag, MH. Serta dihadiri oleh semua Pegawai PA Praya.

Dalam acara halal bihalal kali ini selaku pembawa acara Asnanik Kusprihatin, S. Ag. Acara dibuka dengan ucaban basmalah acara dilanjutkan dengan sambutan kepada Ketua pengadilan Agama kepada para semua karyawan, dalam sambutan beliu memaparkan tentang setelah menjalankan puasa satu bulan penuh dilanjutkan dengan acara saling maaf memaafkan. Dan memaparkan lima karakter orang-orang yang bertakwa setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh diantaranya adalah:

-  Bersedekah baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit.

-  Menahan diri dari amarah atau marah.

-   Mau memaafkan kesalahan orang lain.

-   Orang yang mau bertaubat.

-   Apabila berbuat salah atau berbuat maksiyat langsung mengingat Allah.

Apabila kelima karekter dari orang-orang yang bertakwa tersebut ada pada diri kita maka Allah menjanjikan kita surga amin.

Acara berikutnya diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh H. Samad Harianto, S.Ag., MH. Dalam tausiyah beliu memaparkan tentang adanya halal bihalal ini berupakan ajang silaturrohmi bukan ajan untuk pamer pamer kekayaan. Ada dua makna dari silaturohim diantaranya memperpanjang umur kita, dan mempermudah kita mendapatkan rizki. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini dicatat sebagai amal kebaikan kita semua amin.

Selanjutnya dilanjutkan dengan salam salaman dan saling maaf memaafkan. (Tim IT PA praya)

Last Updated on Wednesday, 26 October 2016 01:07
 
« StartPrev12345678NextEnd »

Page 2 of 8